Teknik dasar bermain sepak bola

Bookmark and Share
Dasar permainan sepak bola: menendang, menyepak, membawa bola di kepala atau heading, permainan bola di kaki atau dribling.

a.    Keterampilan dasar tanpa bola, merupakan latihan dalam permainan sepak bola khususnya latihan teknik badan, antara lain sebagai berikut:
1)    Teknik melompat, yaitu ditujukan untuk gerakan menyundul bola, mengambil, dan memenangkan posisi dalam perebutan bola dengan lawan.
2)    Teknik berlari dengan irama dan arah berubah. Teknik ini sering dipengaruhi oleh gerakan lawan atau tanpa bola jadi tidak selalu tergantung dari kehendak sendiri.
3)    Teknik tipu badan, merupakan gerakan yang sangat penting dalam permainan sepak bola karena dengan berhasilnya gerka tipu maka pemain mendapat keuntungan, yaitu memenangkan posisi dan lepas dari penjagaan lawan sehingga dapat melakukan gerakan berikutnya tanpa rintangan lawan.
4)    Teknik bertumpu, yaitu cara bertumpu dengan menggunakan salah satu kaki yang dilakukan secara bergantian, selanjutnya dapat digunakan sebagai cara menendang bola dengan berbagai cara.
5)    Teknik keseimbangan atau menggantung. Dilakukan dengan cara latiha mengangkat salah satu kaki membentuk seperti gerakan kapal terbang, jongkok dengan satu kaki atau gerakan berdiri dengan satu atau dua tangan dengan tujuan untuk keseimbangan badan.

b.    Keterampilan dasar dengan bola
1)    Teknik menangkap bola. Ditujukan untuk penjaga gawang.
2)    Teknik menendang bola.

c.    Teknik dasar dalam permainan sepak bola
1)    Menendang bola (shooting ball)
a)    Menendang bola dengan kaki bagian dalam (kura-kura dalam)
b)    Menendang bola dengan kaki bagian luar (kura-kura luar)
c)    Menendang bola dengan punggung kaki dalam (kura-kura penuh)
d)    Menendang bola dengan punggung kaki luar.

2)    Menahan atau menghentikan bola (controlling ball)
a)    Menahan bola dengan telapak kaki
b)    Menahan bola dengan kura-kura kaki penuh
c)    Menahan bola dengan dada
d)    Menahan bola dengan kepala.

Bermain sepak bola dengan peraturan permainan yang sederhana.
Peraturan sederhana sepak bola:
a.    Free kick: tendangan bebas
b.    Hands ball: apabila bola menyentuh tangan
c.    Out side: bola keluar dari lapangan
d.    Throw in: lemparan ke dalam, bola yang keluar dari samping lapangan
e.    Corner kick: tendangan sudut atau sepak pojok.

Bermain secara sederhana:
Sepak bola merupakan permainan tim. Oleh karena itu, operan merupakan alat penghubung antarpemain yang satu dengan pemain yang lainnya. Secara sederhana, artinya hanya menggabungkan teknik-teknik dasar yang telah dipelajari dengan peraturan yang pokok saja. Permainan dimulai dari titik tengah oleh regu yang menendang bola. Tujuan aturannya adalah untuk melatih kerja sama, melatih ketepatan operan, berlatih menyerang, dan mempertahankan serangan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar