Seni lukis, seni reklame, seni ilustrasi, seni grafis, dan ornamen

Bookmark and Share
Seni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa yang berdimensi dua. Dibandingkan dengan menggambar, melukis lebih cenderung mengekspresikan jiwa pelukis melalui media ungkap dan teknik penggarapannya berdasarkan prinsip seni rupa. Kemampuan penggarapan serta penguasaan bahan dan alat merupakan aspek yang utama dalam melukis.

Seni reklame
Istilah reklame berasal dari bahasa Spanyol yakni dari kata re yang artinya berulang-ulang dan clamo yang artinya seruan. Reclamo dapat diartikan seruan yang berulang-ulang. Seruan berulang-ulang ini dilakukan dalam rangka menawarkan barang dagangan atau jasa kepada konsumen.

Seni ilustrasi
Istilah ilustrasi berasal dari bahasa latin illustrate yang berarti menjelaskan. Penjelasan ini berhubungan dengan buku pelajaran, buku ilmiah, buku cerita, karya sastra, majalah, dan surat kabar. Selain itu, ilustrasi dapat berfungsi untuk menghias halaman buku atau majalah dan surat kabar pada kolom-kolom tertentu. Jadi, ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian.

Seni grafis merupakan bagian dari seni rupa yang berdimensi dua. Istilah grafis diambil dari bahasa Inggris graph atau graphic yang berarti dapat membuat tulisan, gambar, atau lukisan dengan cara ditoreh atau digores. Grafik atau grafis juga berarti gambaran yang nyata. Seni grafis adalah karya seni rupa dua dimensi yang proses pembuatannya melalui teknik cetak.

Ornamen
Hiasan yang dibuat untuk mendukung, meningkatkan kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni. Ornamen seringkali dihubungkan dengan berbagai corak dan ragam hias yang ada.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar