Sejarah sepak bola

Bookmark and Share
Pada permulaan abad ke-19, pemerintah Inggris mengakui bahwa sepak bola merupakan suatu alat untuk menyehatkan rakyat Inggris dan pada tahun 1846 oleh Cambridge University disusunlah peraturan permainan sepak bola yang pertama kali dikenal dengan Cambridge Rules of Footbal. Pada tanggal 26 Oktober 1863, di kota London dibentuk perserikatan sepak bola dalam sejarah Inggris dengan nama The Football Association dan pada tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan-peraturan permainan sepak bola modern seperti yang kita kenal sekarang ini.

Pada tanggal 21 Mei 1904, atas inisiatif Guerin dari Prancis didirikan federasi sepak bola Internasional yang diberi nama Federation Internationale de Football Association (FIFA) yang mula-mula beranggotakan tujuh negara, yaitu Prancis, Belgia, Denmark, Netherland, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Guerin mendapatkan kehormatan sebagai ketua FIFA yang pertama kali.

Pertandingan-pertandingan sepak bola tingkat internasional atau dunia yang diselenggarakan oleh FIFA, yaitu pertandingan sepak bola Olimpiade untuk pertama kali dalam acara Olimpiade ke-4 di London pada tahun 1908 dan pertandingan sepak bola Piala Dunia yang pertama di kota Montevideo (Uruguay) pada tahun 1930 dengan memperebutkan piala Jules Rimet Cup yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Sekarang nama piala tersebut diganti World Cup.

Permainan sepak bola masuk di Indonesia dibawa oleh orang Belanda. Pada tahun 1939, terbentuklah organisasi sepak bola Indonesia (PSSI). Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia yang diketuai oleh Suratin Sosro Sugondo. Untuk mengenang jasa Ir. Suratin, maka namanya diabadikan dalam turnamen sepak bola yunior yang terdiri dari pemuda-pemuda berusia 18 tahun bernama “Suratin Cup”.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar