Pembayaran internasional

Bookmark and Share
Cara pembayaran internasional
1.    Kompensasi pribadi (private compensation), adalah cara pembayaran dengan mengalihkan penyelesaian utang piutang pada seorang penduduk dalam sebuah negara di mana penduduk tersebut tinggal. Cara seperti ini tidak lagi banyak digunakan karena sulitnya mencari mitra yang memungkinkan dilakukan kompensasi pribadi.

2. Pembayaran tunai (cash payment). Biasanya dilakukan jika eksportir belum benar-benar yakin atas kondisi importir dengan baik. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan:
a. uang tunai
b. cek
c. telegraphic transfer (TT)
d. bankers sight draft (wesel bank atas unjuk).

3.    Rekening terbuka (open account), adalah cara pembayaran dimana eksportir telah mengirimkan barang kepada importir tanpa disertai surat tagihan dan dokumen-dokumen. Pembayaran dilaksanakan setelah beberapa waktu atau tergantung pada kesepakatan. Pada kasus ini biasanya eksportir telah mengenal importir dengan baik.

4.    Surat wesel dagang (commercial bill of exchange alias commercial draft), adalah surat perintah pembayaran yang dibuat oleh eksportir atas importir berisi sejumlah harga barang yang harus dibayar beserta ongkos kirimnya pada saat tertentu kepada pihak tertentu yang ditunjuk.

5.    Letter of credit (L/C), adalah surat yang dikeluarkan bank atas permintaan importir, dimana bank telah menyetujuinya dan membayar wesel yang ditarik eksportir atas importir. Jenis-jenis L/C adalah:
a.    L/C biasa. Dimana importir langsung membayar sesuai dengan harga barang yang akan diimpor kepada eksportir di luar negeri melalui bank tertentu
b.    Merchant L/C. Dimana importir dapat menerima barang terlebih dahulu, pembayaran sebagian dilakukan saat membuka L/C, kekurangannya dibayar kemudian
c.    Red Clause L/C. Adalah L/C yang mencantumkan perintah kepada bank untuk melaksanakan pembayaran sebagian dari jumlah L/C kepada eksportir sebelum mengirimkan barangnya
d.    Industrial L/C. Digunakan untuk mengimpor barang industri secara cepat demi peningkatan industri dalam negeri.
e.    Usance L/C. Merupakan L/C berjangka.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar