Memelihara sumber daya alam

Bookmark and Share
Agar sumber daya alam dapat bermanfaat dalam waktu yang panjang maka hal-hal berikut ini sangat perlu dilaksanakan:
a.    Sumber daya alam harus dikelola untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, tetapi pengelolaan sumber daya alam harus diusahakan agar produktivitasnya tetap berkelanjutan
b.    Eksploitasinya harus di bawah batas daya regenerasi atau asimilasi sumber daya alam
c.    Diperlukan kebijaksanaan dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada agar dapat lestari dan berkelanjutan dengan menanamkan sikap serasi dengan lingkungannya.
d.    Di dalam pengelolaan sumber daya alam hayati perlu adanya pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:
1)    Teknologi yang dipakai tidak sampai merusak kemampuan sumber daya untuk pembaruannya
2)    Sebagian hasil panen harus digunakan untuk menjamin pertumbuhan sumber daya alam hayati
3)    Dampak negatif pengelolaannya harus ikut dikelola, misalnya dengan daur ulang
4)    Pengelolaan harus secara serentak disertai proses pembaruannya.

Manusia dibedakan dari sumber daya alam hayati lainnya karena manusia memiliki kebudayaan, akan, dan budi yang tidak dimiliki oleh tumbuhan maupun hewan. Meskipun paling tinggi derajatnya, manusia juga berinteraksi dengan lingkungannya sehingga termasuk dalam salah satu faktor saling ketergantungan. Berbeda dengan sumber daya hayati lainnya, penggunaan sumber daya manusia dibagi, yaitu:
a. Manusia sebagai sumber daya fisik
Dengan energi yang tersimpan dalam ototnya manusia dapat bekerja dalam berbagai bidang, antara lain: bidang perindustrian, transportasi, perkebunan, perikanan, perhutanan, dan peternakan.

b. Manusia sebagai sumber daya mental
Kemampuan berpikir manusia merupakan suatu sumber daya alam yang sangat penting, karena berpikir merupakan landasan utama bagi kebudayaan. Manusia sebagai makhluk hidup berbudaya, mampu mengolah sumber daya alam untuk kepentingan hidupnya dan mampu mengubah keadaan sumber daya alam berkat kemajuan ilmu dan teknologinya. Dengan akal dan budinya, manusia menggunakan sumber daya alam dengan penuh kebijaksanaan. Oleh karena itu, manusia tidak dilihat hanya sebagai sumber energi, tapi yang terutama adalah sebagai sumber daya cipta (sumber daya mental) yang sangat penting bagi perkembangan kebudayaan manusia.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar