Tarung Gol Messi-Ronaldo di Liga Champions

Bookmark and Share


Satu gol yang dibuat ke gawang Juventus membuat Cristiano Ronaldo kembali mengungguli Lionel Messi di daftar topskorer sepanjang masa Liga Champions. Sudah berjalan 10 tahun, saling susul antara keduanya masih lanjut.

Madrid menelan kekalahan 1-2 dalam lawatan ke Juventus di leg pertama babak semifinal Liga Champions. Satu-satunya gol yang dibuat Los Merengues dalam laga tersebut dilesakkan oleh Ronaldo.

Satu gol tersebut membuat koleksi gol CR7 di Liga Champions kini berjumlah 76, yang menjadikan dia berdiri sendiri di posisi teratas daftar topskorer kompetisi antarklub Eropa tersebut. Ronaldo mengalahkan Messi dengan 75 gol, yang baru akan bertanding malam nanti menghadapi Bayern Munich.

Soal rivalitas Ronaldo dan Messi sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Champions, itu sudah dimulai sejak keduanya mematahkan rekor milik Raul Gonzalez beberapa matchday lalu. Tapi secara pribadi, kedua pemain yang dianggap senagai terbaik di dunia itu sudah bermusim-musim, sejak keduanya melakukan masih menjalani musim-musim awal di Liga Champions.

Berikut persaingan gol Messi dan Ronaldo sebagai topskorer sepanjang masa Liga Champions, seperti dikutip dari Skysport:

1 Musim 2005/06: Messi 1-0 Ronaldo (Agregat: Messi 1-0 Ronaldo)

Messi mencetak gol pertamanya di liga Champions untuk Barcelona saat meraih kemenangan 5-0 atas Panathinaikos. Messi melakukannya pada laga kelima dia di Liga Champions.

Tapi Messi tidak bisa menambah lebih banyak lagi golnya di musim itu karena dia cedera ketika berhadapan dengan Chelsea di bulan Maret dan tak tak muncul di atas lapangan saat Barca menang atas Arsenal di final.

Ronaldo di musim ini belum mencetak gol di fase grup dan knock out. Satu gol yang dia lesakkan untuk Manchester United adalah di kualifikasi saat berhadapan dengan Debrecen, namun UEFA tidak memasukkan gol di fase ini dalam hitungan.

Musim 2005/2006 adalah tahun ketiga Ronaldo main di Liga Champions, dengan sudah tampil di 18 pertandingan dia sama sekali belum bikin gol.

2 Musim 2006/07: Messi 1-3 Ronaldo (Agregat: Messi 2-3 Ronaldo)

Ronaldo total butuh 27 pertandingan di Liga Champions untuk mencetak gol pertamanya. Momen bersejarah itu dia dapatkan saat mencetak dua gol ke gawang AS Roma saat MU menang 7-1. Satu gol lagi dia buat ke gawang AC Milan di babak semifinal, Ronaldo pun mengoleksi tiga gol di musim ini.

Cuma satu gol yang dibuat Messi di 2006/2007. Dia membuatnya dalam laga dengan Werder Bremen di fase grup yang berkesudahan dengan 1-1. Kondisi ini membuat Ronaldo memimpin balapan antara mereka.

3 Musim 2007/08: Messi 6-8 Ronaldo (Agregat Messi 8-11 Ronaldo)

Ronaldo menjaga keunggulannya atas Messi dalam urusan bikin gol di Liga Champions saat mengantar MU menjadi juara di musim 2007/2008.

Pada fase grup saja Ronaldo berhasil bikin lima gol, dua gol dilesakkan di fase grup dan satu lagi pada laga final saat berhadapan dengan Chelsea. Uniknya, satu-satunya fase di mana Ronaldo gagal bikin gol adalah saat The Red Devils mengalahkan Barcelona di semifinal.

Messi membuat enam gol di sepanjang musim ini, di mana separunya dia lesakkan dalam laga dengan Rangers dan Celtic. Sama seperti Ronaldo, Messi juga gagal bikin gol di semifinal.

4 Musim 2008/09: Messi 9-4 Ronaldo (Agregat Messi 17-15 Ronaldo)

Messi akhirnya kembali mengungguli Ronaldo, seiring dengan sukses dia mengantar Barcelona menjadi juara. Ada sembilan gol yang dibuat Messi dari babak grup sampai final, termasuk satu gol ke gawang MU dalam laga final di Wembley.

Ronaldo menjalani musim terakhirnya bersama The Red Devils. Ada empat gol yang dibuat CR7 di Eropa pada musim ini, termasuk satu yang dia lesakkan ke gawang Arsenal di babak semifinal. Namun di partai puncak Ronaldo gagal mencetak gol, yang membuat MU harus puas jadi runner up di belakang Barca.

5 Musim 2009/10: Messi 8-7 Ronaldo (Agregat: Messi 25-22 Ronaldo)

Kepindahan Ronaldo ke Real Madrid di musim panas 2009 membuat dia makin sering dibanding-bandingkan dengan Messi. Di musim pertamanya berada di Spanyol, Ronaldo harus mengakui keunggulan Messi dalam urusan bikin gol di Eropa.

Setelah mencetak enam gol di fase grup, Ronaldo menambah koleksinya dengan satu gol lain ke gawang Olympique Lyon di babak 16 besar. Malang buatnya, satu gol tersebut tak mampu menghindarkan El Real dari terdepak di babak knock out pertama.

Ada delapan gol dibuat Messi di musim 2009/2010. Separuh dari gol Messi itu tercipta ke gawang Arsenal, saat kedua tim berhadapan di leg kedua babak perempatfinal. Ini sekaligus menjadi hat-trick pertama Messi di kompetisi tersebut.

6 Musim 2010/2011: Messi 12-6 Ronaldo (Agregat: Messi 37-28 Ronaldo)

Untuk kali pertama sepanjang keikutsertaan di Liga Champions, Messi mencetak dua digit gol. Ini merupakan salah satu musim terbaik Messi di Eropa, di mana dia total membuat 12 gol.

Messi selalu bikin gol di setiap babak, termasuk dalam laga final kontrak Manchester United. Gol juga dibuat Messi ke gawang Real Madrid - yang diperkuat Ronaldo - di babak semifinal.

Jumlah gol Ronaldo di musim ini cuma separuhnya Messi. Dan untuk kali kesekian Ronaldo masih belum bisa bikin gol ke gawang Barca yang diperkuat Messi.

7 Musim 2011/12: Messi 14-10 Ronaldo (Agregat Messi 51-38)

Messi kembali biki dua digit gol di musim 2011/2012 ini. Tidak cukup sampai di situ, bintang asal Argentina itu juga menorehkan rekor baru untuknya sendiri dengan 14 gol yang diciptakan. Sayangnya, Barca gagal mempertahankan gelar karena terdepak di semifinal oleh Chelsea.

Dari 14 gol yang dibuat Messi, tiga di antaranya dia lesakan ke gawang Viktoria Plzen di fase grup. Capaian hebat lainnya yang dia buat adalah lima gol ke gawang Bayer Leverkusen di babak 16 besar yang memberi Barca keunggulan 7-1.

Ronaldo juga tidak kalah oke di musim ini. Untuk kali pertama dia membuat dua digit gol. Namun dua gol yang dia lesakkan ke gawang Bayern Munich tak cukup untuk menghindarkan El Real dari kekalahan dan tersingkir sebelum sampai ke final.

8 Musim 2012/13: Messi 8-12 Ronaldo (Agregat Messi 59-50 Ronaldo)

Untuk kali pertama sejak 2007/2008 Ronaldo mengalahkan jumlah gol yang dibuat Messi dalam satu musim. Jumlah 12 gol yang dibuat Ronaldo musim ini juga menjadi rekor terbarunya.

Sumbangan gol-gol Ronaldo mengantar Madrid sampai semifinal. Di musim ini Ronaldo juga mencetak hat-trick pertamanya, yang dia lesakkan ke gawang Ajax Amsterdam saat El Real menang 4-1 di fase grup.

Messi yang dihantam cedera musim ini 'hanya' melesakkan delapan gol. Penampilan terbaiknya adalah saat mencetak dua gol ke gawang Spartak Moscow dan AC Milan. Barca kalah di semifinal oleh Bayern Munich.

9 Musim 2013/14: Messi 8-17 Ronaldo (Agregat Messi 67-67 Ronaldo)

Messi mencetak hat-trick keempatnya di Liga Champions saat berhadapan dengan Ajax. Sementara delapan gol yang dia lesakkan mengantar Barca melangkah sampai ke semifinal.

Adalah Ronaldo yang mencuri panggung Liga Champions musim ini. CR7 melesakkan 17 gol di sepanjang kompetisi, yang menorehkan sebuah rekor baru. Ronaldo juga membuat hat-trick keduanya di Liga Champions saat berhadapan dengan Galatasaray.

Ini tak terbantahkan sebagai musim terbaik Ronaldo. Jumlah 17 gol - termasuk satu di final -  yang dia lesakkan mengantar Madrid meraih La Decima setelah menundukkan Atletico Madrid. Satu gol di final itu juga membuat dia menyamai jumlah gol Messi.

10 Musim 2014/15: Messi 8-9 Ronaldo (Agregat: Messi 75-76 Ronaldo)

Messi dan Ronaldo mengawali musim dengan sudah dijagokan untuk menyamai dan mematahkan rekor 71 gol Raul.

Adalah Messi yang pertama mencapainya saat dia membuat dua gol ke gawang Ajax di fase grup pada 5 November. Messi mematahkan rekor Raul tersebut dengan penuh gaya: mencetak hat-trick ke gawang APOEL pada 25 November.

Tapi Ronaldo kemudian bisa ikut menyamai rekor Raul dan juga melampauinya. Satu gol yang dia buat ke gawang Juventus membuatnya (untuk sementara) mengungguli Messi.

Messi tentu saja masih punya peluang untuk menyamai dan kemudian melampaui karena Barca baru tanding dengan Bayern Munich malam nanti.

Tarung Messi dan Ronaldo masih akan terus berlangsung sampai beberapa tahun ke depan. Messi dan Ronaldo diyakini masih akan sangat tajam sampai bermusim-musim lagi, dan keberadaan mereka di klub sebesar Barcelona dan Madrid membuat akan lebih banyak gol tercipta lagi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar